Breaking News

17 Km Tol Jogja-Bawen Dibangun Tahun Ini

Politiko News, JOGJA — Pemerintah Provinsi daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berharap proyek pembangunan jalan tol Jogja-Bawen segera terealisasi tahun ini. Dokumen penetapan lokasi (penlok) sudah berada di tangan gubernur.

Sekda Pemda DIY Gatot Saptadi mengatakan seluruh proses pembangunan jalan tol Jogja-Bawen merupakan wewenang pusat. Meski begitu, Pemprov DIY juga menyepakati jalur trase yang sudah disepakati.

“Lahan yang dibebaskan tidak banyak karena 80% pembangunan dilakukan secara melayang. Tidak ada dana pembebasan lahan yang kami siapkan karena semua dilakukan pusat,” katanya, Rabu (16/1/2019).

Dia menjelaskan trase jalan tol Jogja-Bawen yang masuk di wilayah Jogja hanya 12 km dari 77 km yang dibangun. Sebagian besar jalur tersebut berada di wilayah Jawa Tengah mulai dari Ambarawa, Pringsurat, Magelang dan Mungkid. “Yang di DIY hanya 12km. Mulai Bendung Karangtalun, Minggir, Mlati,” katanya.

Exit tol ditentukan di sekitar westlike kemudian arus lalu lintas melewati kawasan ringroad. Dia membantah jika pembangunan tol dari westlike akan diteruskan di sepanjang selokan Mataram hingga Prambanan.

“Jadi lahan yang dibebaskan [untuk jalan tol Jogja-Bawen] hanya beberapa spot saja, itupun hanya digunakan untuk konstruksi tiang-tiang jalan tol,” katanya.

Selama ini, permasalahan terbesar berada di Jawa Tengah karena adanya penolakan dari DPRD Jawa Tengah. Namun masalah tersebut sudah bisa diselesaikan sehingga pembangunan tol Jogja-Bawen diharapkan bisa dibangun tahun ini. “Kalau tol Jogja-Solo belum ada pembicaraan,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Harian Jogja


Artikel yang berjudul “17 Km Tol Jogja-Bawen Dibangun Tahun Ini” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments