Breaking News

KY Serahkan 4 Nama Calon Hakim Agung ke DPR


Ketua Komisi Yudisial Jaja Ahmad Jayus. Foto: Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.

Jakarta: Pimpinan Komisi Yudisial (KY) menyerahkan empat nama calon hakim agung (CHA) ke Pimpinan dan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Selanjutnya, KY akan menunggu persetujuan DPR atas empat nama yang diajukan tersebut.

Ketua KY Jaja Ahmad Jayus mengatakan, penetapan kelulusan CHA 2018 dilakukan melalui rapat pleno KY, Selasa 8 Januari 2018 lalu. KY menetapkan empat CHA yang dianggap memenuhi syarat dan layak untuk dimintakan persetujuan kepada DPR.

Keempatnya adalah Ridwan Mansyur dan Matheus Samiaji di kamar Perdata, Cholidul Azhar di kamar Agama, dan Sartono di kamar Tata Usaha Negara khusus Pajak.

“Sudah dilakukan rapat konsultasi dengan DPR menyangkut seleksi calon hakim agung,” ujar Jaja di gedung DPR, Jakarta, Kamis, 10 Januari 2019.

Jaja berharap DPR memberikan persetujuan terhadap empat nama tersebut. Persetujuan akan dilakukan setelah dilakukan fit and proper test oleh Komisi III DPR.

Baca: KY Jemput Bola Rekrut Calon Hakim Agung

Wakil Ketua Komisi III DPR Erma Suryani mengatakan DPR segera melakukan tes kelayakan pada empat nama yang diajukan KY tersebut.

Sebelum tes kelayakan, Erma berharap KY mengirimkan semua kelengkapan mengenai data keempat CHA untuk dipelajari DPR. DPR akan kembali melakukan rapat konsultasi dengan KY sebelum melakukan tes kelayakan tersebut.

“Bisa jadi semua diterima oleh fraksi di Komisi III, bisa jadi hanya sebagian. Itu akan jadi hak prerogatif masing-masing fraksi,” tutup Erma.

Artikel yang berjudul “KY Serahkan 4 Nama Calon Hakim Agung ke DPR” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments