Breaking News

Penggorengan Pasir Timah di Dusun Sambong DIDUGA dari Tambang Illegal | Politiko News

Pangkalan Baru, Politiko News – Investigasi awak media ini, Rabu 16/01/18 Sore di lokasi pengumpul besar serta Penggorengan biji timah di Dusun Sambong Desa Beluluk Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah Propinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Setelah menelusuri jalan yang belum beraspal dan sempit, awak media ini melihat beberapa kendaraan yang sedang terparkir di depan pintu masuk penggorengan yang di pagari dengan seng berwarna putih mengkilat, terlihat aktivitas penggorengan pasir timah yang DIDUGA illegal, beberapa pekerja sibuk menuangkan pasir timah ke dalam tungku baja yang berada di atas perapian.

Aktivitas penggorengan ini di lakukan sesuai dengan pesanan pabrik smelter selain untuk meningkatkan mutu dan meningkatkan harga, juga untuk meringankan dalam pengiriman, di karenakan mineral ikutannya di jual terpisah.

Inisial BL merupakan pemain lama yang tidak tersentuh hukum, hal ini sudah di katakan berkali kali oleh Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bapak Suranto di ruang kerjanya beberapa waktu yang lalu, kalau instansinya tidak pernah mengeluarkan perizinan terkait masalah Penggorengan pasir timah..

Hasil wawancara dari beberapa sumber yang berada tidak jauh dari lokasi Penggorengan, mengatakan kalau pasir timah ini hasil dari Laut sekitar Pasir Padi, Batu Belubang dan Tanjung Gunung.

Dan sudah menjadi rahasia umum kalau di wilayah tersebut merupakan izin usaha pertambangan / IUP milik PT Timah Tbk sehingga DIDUGA asal usul pasir timah penggorengan di Dusun Sambong ini berasal dari tambang tambang illegal.

Selain itu juga wartawan ini mencoba mewawancarai aparat desa setempat yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan,

“Kami belum pernah di minta untuk membuat surat, mereka juga tidak pernah memberitahu keberadaan usaha mereka, ujarnya”

Sesuai komitmen KAPOLDA BABEL kepada awak media ini, setiap Pelanggaran Pertambangan yang ada di wilayahnya akan tindak lanjuti POLRES dan KRIMSUS

Sudirman Pemuda Bangka Belitung akan melaporkan ini ke Ombudsman sampai ke Presiden jika KAPOLDA BABEL Membiarkan kegiatan illegal ini, apalagi kegiatan ini masuk wilayah POLDA BABEL.(imw)


Artikel yang berjudul “Penggorengan Pasir Timah di Dusun Sambong DIDUGA dari Tambang Illegal | Politiko News” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments