Breaking News

Sandiaga Gelagapan Saat Ditanya Sejumlah Pedagang Batik di Madura

Sandiaga tak memiliki kapabilitas yang cukup dalam menjawab permasalahan yang hadir. Jangankan lingkup nasional, lingkup Madura saja, Sandiaga tak sanggup. Buktinya adalah ketika ditanya sejumlah pedagang tentang pengembangan batik, Sandiaga ngeles dengan jawaban yang tak masuk akal.

Saat itu Sandiaga Uno mengatakan, untuk mengembangkan batik Madura, termasuk Pamekasan, dia dan Prabowo punya program untuk mendorong perajin dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) batik dengan memberikan lebih banyak bantuan untuk pemasarannya. Sehingga, dengan didorongnya perajin dan UMKM, batik akan tumbuh dan berkembang.

“Untuk mendorong batik Madura menjadi produk ungggulan, kami nanti akan dipasarkan ke seluruh Indonesia. Batik tulis Pamekasan ini benar-benar luar biasa. Cerah dan cocok betul dan menjadi tren milenial. Saya tadi beli batik Pamekasan untuk oleh-oleh buat istri saya,” kata Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno mengakui, kerajinan batik Madura, termasuk Pamekasan digarap secara halus. Sehingga wajar jika harga satu lembar kain batik ada yang di atas Rp 1 juta. Karena itu, ia berkeinginan agar batik Pamekasan dan batik Madura lebih maju. Karena dengan majunya perkembangan batik ini, akan membuka lapangan kerja.

Menurut Sandiaga Uno, sekitar 50 persen bahan baku batik masih impor dari luar negeri. Sehingga jika kurs dolar naik, harga bahan baku batik ikut naik. Ongkos produksi juga ikut naik. Namun ia berharap jangan sampai perajin batik ikut menaikkan kain batik, karena dikhawatirkan tidak laku.

“Kita ingin agar bahan baku batik tidak terlalu terpengaruh dengan Rupiah dan Dolar yang terus bergejolak. Saya ingin juga amankan bahan baku untuk perajin batik aman dan ke depan rupiah stabil. Semoga pada 2019 ini, rezeki melimpah dan batik Madura maju dan mendorong ekspor batik Madura,” ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno menambahkan, Madura banyak sumber daya listriknya berupa tenaga surya. Selama ini untuk kebutuhan listrik tergantung ke batu bara dan migas. Ia ingin swasembada energi, sehingga harga listrik bisa terjangkau untuk masyarakat.

No comments