Breaking News

1 Mei 1886, Demo Buruh di AS Cikal Bakal Hari Buruh

Politiko News, SOLO — Sekitar 40.000 buruh di Amerika Serikat (AS) berunjuk rasa, 1 Mei 1886, menuntut sistem kerja delapan jam sehari. Pada Juli 1889, Kongres Sosialis Dunia yang diselenggarakan di Paris, Prancis menetapkan 1 Mei, sebagai Hari Buruh Sedunia, berdasarkan adanya sejumlah peristiwa bersejarah terkait gerakan buruh di dunia pada bulan Mei dari tahun ke tahun, termasuk demonstrasi 40.000 buruh di AS tersebut.

Demo buruh yang kemudian menjadi salah satu dasar ditetapkannya Hari Buruh Sedunia itu merupakan satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 1 Mei. Berikut Politiko News menyajikan Sejarah Hari Ini, 1 Mei, yang dihimpun dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com:

1328
Kerajaan Inggris secara resmi mengakui kemerdekaan Kerajaaan Skotlandia dengan menandatangani Perjanjian Edinburgh–Northampton. Penandatanganan perjanjian itu sekaligus mengakhiri Perang Kemerdekaan Skotlandia.

1707
Pakta persatuan ditandatangani Kerajaan Inggris dan Kerajaan Skotlandia. Dalam perjanjian itu, Kerajaaan Inggris dan Kerajaan Skotlandia bersepakat untuk bersatu membentuk Kerajaan Britania Raya.

Adam Weishaupt, pendiri Illuminati Bavaria. (Wikimedia.org)
1776
Illuminati didirikan oleh Adam Weishaupt bersama lima orang lain di Ingolstadt, Bavaria Atas atau kini Bayern, Jerman. Kelompok tersebut terdiri dari para pemikir bebas sebagai perwujudan Zaman Pencerahan dan tampaknya mencontoh kelompok Freemason. Sejak diterbitkannya karya fiksi ilmiah karya Robert Shea dan Robert Anton Wilson berjudul The Illuminatus! Trilogy, nama Illuminati banyak digunakan untuk menunjukkan organisasi persekongkolan yang dipercaya mendalangi dan mengendalikan berbagai peristiwa di dunia melalui pemerintah dan korporasi untuk mendirikan Tatanan Dunia Baru.

1785
Kamehameha I berhasil mengalahkan Raja Pulau Ohau di Hawaii, Kalanikupule. Kamehameha I lantas menyatukan kepulauan di kawasan Hawaii di bawah kepemimpinannya dan membentuk kerajaan yang lantas ia pimpin.

1886
Sekitar 40.000 buruh di Amerika Serikat (AS) berunjuk rasa menuntut sistem kerja delapan jam sehari. Sebelumnya, para buruh bekerja 19 hingga 20 jam sehari. Pada Juli 1889, Kongres Sosialis Dunia yang diselenggarakan di Paris, Prancis menetapkan 1 Mei, sebagai Hari Buruh Sedunia, berdasarkan adanya sejumlah peristiwa bersejarah terkait gerakan buruh di dunia pada bulan Mei dari tahun ke tahun, termasuk demonstrasi 40.000 buruh di AS tersebut.

1898
Pertempuran pertama antara Spanyol dan Amerika Serikat (AS) dalam Perang Spanyol-AS meletus. Sebelumnya, pada 25 April 1898, Spanyol mendeklarasikan perang tehadap AS setelah AS ikut campur atas isu politik luar negeri di wilayah koloni Spanyol.

1945
Menteri Propaganda Jerman, Joseph Goebbels, bersama istriya, Magda, bunuh diri di luar Furherbanker di Berlin menyusul kekalahan Jerman pada Perang Dunia II. Anak-anak Goebbels juga tewas setelah dicekoki racun sianida oleh Magda. Sehari sebelumnya, pemimpin Jerman Adolf Hitler juga disebut-sebut telah bunuh diri bersama istrinys, Eva Braun.

1961
Di hadapan sekitar 10.000 rakyat Kuba, Fidel Castro menegaskan Kuba adalah negara sosialis yang tak membutuhkan pemilihan umum. Ia juga menyatakan akan segera mengusir pastor Katolik dari Kuba.

Leonardo Bonucci. (Juventus.com)
1987
Leonardo Bonucci lahir di Vitero, Italia. Bonucci kini dikenal sebagai pemain sepak bola ternama yang membela klub besar di Italia, yakni Juventus. Sebelum bergabung di Juventus pada 2010 silam, Bonucci pernah membela Inter Milan dan Bari.

2003
Presiden Amerika Serikat (AS) George W. Bush menyatakan peperangan di Irak yang melibatkan AS telah berakhir. Pernyataan itu ia sampaikan pada sebuah pidato di kapal induk USS Abraham Lincoln di pantai dekat California.


Artikel yang berjudul “1 Mei 1886, Demo Buruh di AS Cikal Bakal Hari Buruh” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments