Breaking News

Asper Kangean Barat Berhasil Amankan Sindikat Illegal Logging

Sumenep sigap88- Atas kesigapan Asper Kangean barat Marinus bersama anggota perhutani kangean barat berhasil amankan illegal logging pada hari Senin 29/04/2019.

Tersangka SKW (50) yang merupakan aktor illegal logging merupakan warga dusun Talaga desa Jukong jukong kecamatan Kangayan kabupaten Sumenep, jawa timur, berhasi diamankan saat mengangkut kayu hutan yang tampa surat surat lengkap di jalan raya Celgung desa Sambakati kecamatan Arjasa kabupaten setempat.

Menurut keterangan dari Asper Kangean Barat Marinus mengatakan, hasil informasi dari masyarakat bahwa ada mobil sedang mengangkut kayu illegal.

“Informasi dari masyarakat pada hari Senin (29/04/2019) sekira pukul 01.00 wib ada sebuah truk dari arah timur mengangkut kayu illegal yg berasal dari kawasan hutan Lindung RPH Aengkokap turut Desa Jukong-jukong Kecamatan Kangayan Kabupaten Sumenep”, jelas Marinus.

Selanjutnya, Petugas Gabungan Perhutani (RPH Arjasa dan RPH Sawah sumur) yang di pimpin langsung oleh Asper KBKPH Kangean barat Marinus, yang di bantu oleh Rahmat Rullah RKPH Arjasa, Nurmudakkir, RKPH Arjasa, Zainal Arifin mandor Polhutter, Hasari mandor RKP, Sunaryo mandor persemaian, melakukan patroli dan penyanggongan di jalan Raya Celgung sekitar jam 04.00 wib.

“Pada pukul 04.00 wib ada suara truk dari arah timur dan dilakukan pengejaran dan pengecekan, sesampainya di jalan raya celgung berhasil memberhentikan yang di sertai pengecekan muatan truk warna kuning kombinasi biru bagian samping bertuliskan 001 TITIAN MAS dengan Nopol. W 8624 UB ternyata benar terdapat kayu Rimba jenis kenari sebanyak 53 Batang = 3,0796m3 tanpa dilengkapi surat-surat (Nota Angkutan/SKSHH)sebagai dokumen.

Berikutnya, Petugas Gabungan RPH sawah sumur dan RPH Arjasa yang di pimpin oleh Asper Marinus membawa tersangka dan barang bukti ke Rumah Dinas Asper/KBKPH Kangean Barat untuk penyidikan lebih lanjut, dan selanjutnya sekitar pukul 05.00 wib diserahkan ke Polsek Kangean.

Dengan tindakannya tersangka SKW telah melanggar pasal 83 ayat (1) huruf a dan b UU no. 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pengrusakan hutan. Karana tersangka telah melakukan perkara pengangkut, menguasai hasil hutan tidak dilengkapi surat keterangan hasil hutan (SKSHH).

Sementara Kapolsek Kangean IPTU Karsono, SH saat di konfirmasi melalui sambungan teleponnya membenarkan, bahwa Asper Kangean Barat beserta anggotanya berhasil amankan Illegal lagging dan sekarang sudah di limpahkan ke Polsek Kangean.

“Sekitar pukul 05.00 wib Asper Kangean barat telah melimpahkan kasus illegal logging ke Polsek Kangean untuk selanjutnya pengembangan penyidikan dan penyelidiakan lebih lanjut”, kata IPTU Karsomo.

Sedangkan barang bukti (BB) yang berhasil diamankan berupa: Satu unit kendaraan roda 4 truk Mitsubishi warna kuning, Plat nomor W 8624 UB memuat 52 batang kayu jenis rimba Kenari bentuk (persegi) kayu gergajian, 53 batang kayu rimba kenari yang diamankan bersama alat angkutan Truk dari jalan raya celgung wilkum RPH Arjasa BKPH Kangean Barat tanah turut Desa Sambakati Kecamatan Arjasa. (Koes).


Artikel yang berjudul “Asper Kangean Barat Berhasil Amankan Sindikat Illegal Logging” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments