Breaking News

PNS dan CPNS di Lingkup Pemkab Mesuji Terima Kenaikan Gaji

Mesuji, Politiko News – Kabar gembira bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten Mesuji mendapat kenaikan gaji. sebesar lima persen yang akan dibayarkan bersamaan gaji Mei 2019.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Mesuji, Adi Sukamto, melalui Kabid Belanja Yudi Oktaviansah, Selasa (30/4/2019).

Yudi menerangkan rapelan dimaksud adalah selisih kenaikan gaji selama empat bulan (Januari-April 2019).

Hal itu sesuai ketentuan PP Nomor 15 tahun 2019 tentang Perubahan ke-18 PP Nomor 7 tahun 1977 tentang Peraturan Gaji PNS.
PP menerangkan kenaikan gaji sebesar 5 persen per bulan tersebut berlaku terhitung mulai 1 Januari 2019.

“Kita sudah selesai menginput kenaikan gaji di aplikasi sim (sistem informasi manajemen) gaji. Daftar gaji terbaru sudah kami sampaikan ke semua organisasi perangkat daerah (OPD),” paparnya.

Yudi menyebutkan, surat permintaan membayar (SPM) pun sudah dibuat sehingga awal Mei, gaji baru berikut rapel kenaikannya sudah bisa diterima PNS.

Bahkan Yudi menyebutkan, Tidak hanya PNS. Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi umum tahun 2019 yang menerima surat keputusan (SK) pengangkatan terhitung 1 April 2019, juga berhak atas rapelan.

Dana yang dibutuhkan untuk rapelan 2105 PNS mencapai Rp1,54 milyar lebih. Sementara, untuk 267 CPNS sebesar Rp680,64 juta.

“Kalau terkait anggaran tidak ada masalah. Di APBD 2019 sudah kita perhitungkan, tinggal membayar,” jelas Yudi.

Disinggung gaji 13 dan 14, dia juga meyakinkan siap dibayar. Tinggal menunggu ketentuan dari pemerintah pusat, biasanya lewat peraturan pemerintah (PP) dan peraturan Mentri keuangan (PMK).

“Berkaca dari tahun sebelumnya, gaji 14 atau THR dibayarkan menjelang hari raya Idul Fitri. Sementara, gaji 13 pada tahun ajaran baru sekolah, sekitar Juni”, pungkasnya. (Paidi)


Artikel yang berjudul “PNS dan CPNS di Lingkup Pemkab Mesuji Terima Kenaikan Gaji” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments