Breaking News

19 Mei 1848, Wilayah Meksiko Dicaplok AS

Politiko News, SOLO — Pihak Meksiko meratifikasi Perjanjian Hidalgo untuk mengakhiri Perang Meksiko-Amerika Serikat (AS), 19 Mei 1848. Dari perjanjian itu, Meksiko harus menyerahkan kawasan California, Nevada, Utah, dan beberapa kawasan lain kepada pihak AS degan diganti uang senilai US$15 juta.

Dicaploknya beberapa wilayah Meksiko oleh AS itu merupakan salah satu dari sekian peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 19 Mei. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Politiko News dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 19 Mei:

1535
Penjelajah asal Prancis, Jacques Cartier, melakukan penjelajahan keduanya di kawasan Amerika bagian utara dengan membawa tiga kapal dan 110 awak. Sebelumnya, Cartier mengklaim dirinya sebagai penjelajah pertama yang menginjakkan kaki di Kanada dan mengklaim wilayah Kanada sebagai milik Prancis.

1643
Pasukan Prancis berhasil mengalahkan pasukan Spanyol secara telak dalam Pertempuran Rocroi. Kemenangan Prancis pada salah satu pertempuran dalam Perang 30 Tahun itu menandai kemunduran kekuatan militer Spanyol sekaligus menjadi simbol berakhirnya dominasi kekuatan tentara Sapanyol di daratan Eropa.

1848
Pihak Meksiko meratifikasi Perjanjian Hidalgo untuk mengakhiri Perang Meksiko-Amerika Serikat (AS). Dari perjanjian itu, Meksiko harus menyerahkan kawasan California, Nevada, Utah, dan beberapa kawasan lain kepada pihak AS. Sebagai gantinya, Meksiko menerima uang senilai US$15 juta dari AS.

Nguyen Sinh Cung alias Ho Chi Minh pada 1946. (Wikimedia.org)
1890
Nguyen Sinh Cung lahir di Nghe An, Indochina Prancis atau kini Vietnam. Ia lantas dikenal luas sebagai tokoh revolusi dan negarawan dengan nama Ho Chi Minh. Demi menghormati jasa-jasanya, nama Ho Chi Minh diabadikan sebagai nama ibu kota Vietnam.

1964
Sebanyak 40 mikrofon rahasia ditemukan tersembunyi di kantor kedutaan Amerika Serikat (AS) di Moskow, Rusia. Pihak Departemen Luar Negeri AS meyakini mikrofon tersebut sengaja dipasang pihak pemerintah Rusia demi menyadap semua percakapan di gedung tersebut.

Andrea Pirlo. (Reuters)
1979
Andrea Pirlo lahir di Flero, Italia. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela sebuah klub di Amerika Serikat (AS), New York City. Sebelumnya, Pirlo pernah membela klub besar di Italia, yakni AC Milan dan Juventus. Meski sudah berusia 38 tahun, Pirlo masih menjadi gelandang andalan di Tim Nasional Italia.

1986
Pasukan Afrika Selatan (Afsel) melancarkan beberapa serangan ke Zambia, Zimbabwe dan Botswana dalam upayanya menghancurkan markas-markas organisasi anti-apartheid. Pemerintah Zambia, Zimbabwe, dan Bostwana memang mendukung pembentukan organisasi tersebut demi melemahkan kekuatan politik orang-orang kulit putih di tanah Afrika.

1991
Kroasia mengadakan referendum kemerdekaan untuk memisahkan diri dari Yugoslavia. Dari hasil pemungutan suara yang diperoleh, lebih dari 80% rakyat Korasia memilih memisahkan diri dari Yugoslavia. Kurang lebih sebulan kemudian, pihak Kroasia secara resmi mendeklarasikan kemerdekaannya dari Yugoslavia.

2012
Untuk kali pertama dalam sejarah, klub sepak bola Chelsea menjadi juara dalam kompetisi paling bergengsi di tanah Eropa, yakni Liga Champions UEFA. Chelsea berhasil menjuarai Liga Champions setelah mengalahkan klub raksasa asal Jerman, Bayern Munchen, di babak final secara dramatis melalui adu penalti dengan skor 4-3 setelah bermain imbang 1-1 dalam waktu normal dan perpanjangan waktu.

2013
Dua orang diduga mata-mata dijatuhi hukuman mati dengan cara digantung pada bagian lehernya oleh otoritas Iran. Dua orang tersebut diduga bekerja untuk Israel dan Amerika Serikat (AS) dalam memata-matai program nuklir di Iran.


Artikel yang berjudul “19 Mei 1848, Wilayah Meksiko Dicaplok AS” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments