Breaking News

Dengan Varietas Prancak N1 Tingkatkan Produksi Tembakau Sumenep

Sumenep | Politiko News – Bantuan bibit gratis bagi petani tembakau untuk tahun 2019 mengalami penurunan dibanding dengan 2018.

Bantuan penangkaran bibit tahun 2019 hanya tersebar di 10 titik, jadi mengalami penurunan di bandingkat tahun 2018 yang mendapatkan benih dan pembibitan sebesar 17 titik umtuk lahan tegal dan Gunung.

Hal itu berdasarkan data yang ada di Dinas Pertanian tanaman pangan holtikultura dan perkebunan (Dispertahortbun) bahwa untuk tahu 2019 bantuan bibit penangkaran tembakau menurun di banding tahun 2018.

“Tahun ini hanya 10 titik yang mendapat bantuan bibit tembakau”, ungkap Abdul Hamid, Kabid perkebunan Dishortbun.

Hamid menyebutkan untuk kecamatan Guluk guluk mendapat dua titik, dan tidak menyebutkan secara rinci daerah mana saja yang mendapat bantuan dan besaran anggarannya.

” Bantuan bibit tembakau dari pemerintah tidak boleh di jual belikan, harus di salurkan kepada petani secara cuma cuma”, jelasnya.

Sedangkan, bantuan bibit tembakau yang di salurkan kepada petani oleh Pemerintah adalah, bibit varietas Prancak N1. Karena Varietas Prancak N1 merupakan Varietas unggulan yang mempunyai kandungan kadar airnya sangat kecil sehingga sangat potensi masuk kepada tembakau pabrikan.

“Varietas Prancak N1 merupakan Varietas lokal yang harus dipertahankan, sehingga kabupaten Sumenep mempunyai kwalitas super untuk dijadikan produk unggulan tembakau”, papar Hamid.

Dengan bantuan pembibitan tembakau ini dapat meringankan beban para petani dalam permodalan, dan dapat meningkatkan peningkatan ekonomi. (Koes)


Artikel yang berjudul “Dengan Varietas Prancak N1 Tingkatkan Produksi Tembakau Sumenep” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments