Breaking News

TNI-Polri Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat 2019

Politiko News, Jakarta – Aparat gabungan TNI-Polri menggelar apel pengamanan operasi ketupat 2019. Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut kerawanan operasi ketupat ini berbeda dari sebelumnya.

“Tahun ini memiliki karakteristik yang khas dibanding dengan operasi di tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini dilaksanakan bersamaan dengan proses tahapan penyelenggaraan pemilu tahun 2019. Oleh karena itu, potensi kerawanannya menjadi lebih berbeda dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya,” kata Tito di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2019).

Tito mengatakan pengamanan Lebaran tahun ini akan lebih kompleks. Polri sudah mengidentifikasi beberapa gangguan yang dinilai dapat berpengaruh terhadap stabilitas keamanan dan ketertiban di Masyarakat.

“Di antaranya adalah aksi terorisme, kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, seperti pencurian, perampokan, penjambretan, begal, premanisme dan lain-lain, aksi intoleransi dan kekerasan, kelancaran dan keselamatan transportasi, baik di darat, laut, dan udara, serta kemungkinan permasalahan stabilitas ketersediaan harga dan ketersediaan bahan pokok. Di samping tentunya yang harus kita waspadai bencana alam, dan gangguan lain yang bersifat natural ataupun yang berhubungan dengan manusia,” ucap Tito.

Operasi ketupat ini melibatkan 160.335 personel gabungan, terdiri atas 93.589 personel dari Polri, 13.131 dari TNI, 18.906 personel dari Kementerian dan Dinas terkait, 11.720 personel satuan kepolisian PP, 6.913 sukarelawan dari Pramuka, serta sukarelawan lainnya dari Ormas kemasyarakatan dan kepemudaan 16.076 orang.

Lebih lanjut, Operasi ketupat ini akan berlangsung mulai 29 Mei sampai 10 Juni dengan 11 provinsi yang menjadi prioritas, yaitu wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Banten, Lampung, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, dan Papua. [hpy]


Artikel yang berjudul “TNI-Polri Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat 2019” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments