Breaking News

3 Lokasi Wisata Candi Karanganyar Tertinggi di Indonesia

Solopsos.com, SOLO – Libur Lebaran sangat sayang dilewatkan tanpa piknik bersama keluarga. Momen liburan ini memang sangat pas dihabiskan bersantai dan berwisata bersama keluarga. Nah, bagi Anda yang mudik ke Karanganyar, Jawa Tengah, tidak perlu khawatir. Ada beragam tempat wisata yang layak dikunjungi.

Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, memiliki sejumlah lokasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Letaknya yang berada di lereng Gunung Lawu menjadikan Karanganyar sebagai salah satu destinasi wisata. Hamparan perbukitan dan kebun teh asri siap memanjakan mata siapa saja yang memandang.

Ada pula air terjun, candi, hingga beberapa lokasi wisata kekinian yang siap menjadikan liburan di Karanganyar semakin seru. Dari sekian banyak, candi menjadi salah satu objek wisata yang cukup sering dikunjungi di Karanganyar.

Nah, tahukah Anda jika Karanganyar menyimpan tiga candi tertinggi di Indonesia? Mau tahu candi mana saja yang layak dikunjungi saat mampir ke Karanganyar? Simak ulasan spesial libur Lebaran dari Politiko News, Kamis (30/5/2019), berikut:

Candi Sukuh

Candi Sukuh yang berada di Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah berada di urutan kelima candi tertinggi di Indonesia. Candi bercorak Hindu itu berada di ketinggian 1.186 meter di atas permukaan laut. Bangunan Candi Sukuh cukup sederhana. Candi Sukuh ditemukan pada masa kolonial Inggis, sekitar 1815, yang dipimpin Thomas Stanford Raffles.

Jalur ke Candi Sukuh cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk jalan menuju ke Ngargoyoso. Jangan khawatir tersesat karena papan penunjuk jalan cukup jelas memberikan arahan. 

 Ilustrasi Candi Cetho (Pictagram)

Candi Cetho

Candi Cetho yang menempati urutan ketiga candi tertinggi di Indonesia. Candi yang berlokasi di ketinggian 1.496 mdpl ini dibangun pada masa akhir Kerajaan Majapahit, sekitar abad ke-15 Masehi. Kompleks candi bercorak Hindu ini terletak di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar.

Pastikan kendaraan yang ditumpangi dalam kondisi prima. Anda juga butuh keahlian mengemudi dan stamina yang fit karena jalan menuju ke Candi Cetho didominasi tanjakan dan tikungan tajam. Candi ini berada di kecamatan yang sama dengan Candi Sukuh. Tenang saja, ada papan penunjuk jalan yang siap menuntun perjalanan menuju ke Candi Cetho.

 Ilustrasi Candi Kethek (Pictagram)

Candi Kethek

Candi tertinggi di Karanganyar adalah Candi Kethek yang berlokasi di timur laut Candi Cetho. Candi ini terletak di ketinggian sekitar 1.500 mdpl yang juga masuk wilayah Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Untuk mencapai tempat ini, pengunjung harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak sekitar 300 meter dari Candi Cetho.


Artikel yang berjudul “3 Lokasi Wisata Candi Karanganyar Tertinggi di Indonesia” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments