Breaking News

FPMJ: DPMD Sumenep Harus Tegas Sikapi Kades Incumbent Yang Ingin Calon Kades Lagi

Sumenep | Politiko News – Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupatèn Sumenep, Madura, Jawa Timur akan dilaksanakan serentak pada bulan November 2019 mendatang

Kepala Dinas DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Moh. Ramli, S.Sos, M.Si, mengatakan, Tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar Pilkades yang dibagi dalam dua tahap, yakni di daratan dan kepulauan.

“Jadwal pemilihan kepala desa serentak di kabupaten Sumenep dijadwalkan tanggal 07 November 2019 dan untuk kepulauan dijadwalkan seminggu setelah selesai di daratan Sumenep.” Kata Moh. Ramli beberapa waktu lalu.

Sementara, salah satu aktivis Front Pejuang Masyarakat Jawa Timur (FPMJ), Bambang Supratman menyampaikan, Dari desas desus yang berkembang, Kades incumbent mayoritas akan kembali mencalonkan

“Dari informasi yang saya terima meski kami belum bisa menyebutkan angkanya, kades incumbent rata-rata akan kembali maju, itu info yang saya terima,” terang Bambang Supratman salah satu aktivis Front Pejuang Masyarakat Jawa Timur (FPMJ), Rabu, (19/06)

Bambang menambahkan, ada beberapa kepala desa yang SK nya akan berakhir bulan Oktober atau November 2019.

“Beberapa desa ada yang masa jabatannya berakhir sampai bulan Oktober bahkan ada yang bulan November 2019, seperti halnya jabatan kepala desa Aeng Tontong kecamatan Saronggi,” Terang Bambang

Namun, jika informasi yang kami terima itu benar, maka DPMD dan Camat Saronggi harus melakukan evaluasi dan mengambil sikap agar kades tersebut harus memundurkan diri atau mengambil cuti.

“Sesuai dengan peraturan Bupati (Perbup) No 27 tahun 2019 di persyaratan umum bagian i. Persyaratan sebagai calon kepala desa bahwa Calon kepala desa tidak dalam menjalankan tugas sebagai pejabat kepala desa, dan juga aturan pembentukan panitia pilkades terbentukan paling maksimal 6 bulan sebelum pemilihan karena harus melakukan beberapa tahapan seperti ferefikasi dan semacamnya,” tegasnya.

Bahkan, jika calon dari Incumbent resmi mendaftar dan di tetapkan sebagai calon kades maka harus meletakkan jabatannya sebagai kepala desa(kades)

“Apabila hal itu terjadi maka seharusnya Camat atau DPMD membentuk dan mengangkat Pjs kepala desa,” tegasnya.

Tugas Pjs untuk melanjutkan pertanggung jawabkan Administrasi dan pekerjaan desa seperti pelaksanaan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD).

Sesuai dengan peraturan Mendagri pasal 45 – 47 Mendagri 1/12/2014 pasal 45 ayat 1 kepala desa yang akan mencalonkan sebagai kepala desa harus diberi cuti sejak menjadi calon sampai selesai pelaksanaan penetapan calon terpilih.

Selanjutnya, selama cuti sebagai mana dimaksud kepala desa dilarang menggunakan fasilitas pemerintah desa untuk kepentingan sebagai calon kepala desa.

Maka dengan hal ini, Bambang meminta pihak terkait, Camat dan DPMD untuk melakukan evaluasi dan mengambil sikap biar keadilan bisa merata seperti desa lainya.

“Apabila calon kepala desa Incumbent tidak melakukan cuti, diduga kuat akan memanfaatkan fasilitas pemeritah desa dan dana desa untuk melakulan kampanya untuk meraih simpati masyarakat karena pada dasarnya kepala desa dilarang membuat keputusan yang menguntungkan diri sendiri,anggota keluarga pihak lain dan /golongan,” terang Bambang

Bambang mengungkapkan bahwa tim FPMJ saat melakukan klarifikasi terkait hal itu ke Dinas DPMD untuk bertemu kepala dinas, sayangnya, kebetulan kepala Dinas tidak ada di tempat

Bambang mengaku tim FPMJ ditemui seorang staf bernama Pardi, saat ditanyakan terkait niat nya ingin melakukan klarifikasi terkait temuannya, Pardi mengatakan hal itu bukan wewenang saya “Kepala Dinas sekarang masih ada rapat Paripurna di DPRD Sumenep”, jelas Bambang menirukan Pardi

Terpisah, Camat Saronggi Dafir saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya mengatakan, dirinya masih mengkaji hal tersebut kapan kepala desa akan dicutikan.

“Kami akan minta petunjuk kepada DPMD untuk aturan mengenai hal tersebut”, ucapnya.(Tim)


Artikel yang berjudul “FPMJ: DPMD Sumenep Harus Tegas Sikapi Kades Incumbent Yang Ingin Calon Kades Lagi” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments