Breaking News

Mahasiswa ISI Solo Latih Pemuda di Trangsan Sukoharjo Bikin Film Desa Wisata

Politiko News, SOLO — Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Prodi Televisi dan Film Institut Seni Indonesia (ISI) Solo melatih pemuda di Desa Trangsan Sukoharjo membuat film untuk mempromosikan Desa Wisata Rotan Trangsan.

Pelatihan menyasar pemuda yang ada di Desa Trangsan. Tim dari ISI Solo terdiri atas empat mahasiswa, yaitu Daniel Andhika Morgana, Sigit Rizal Hidayat, Firdana Bilankawa, dan Alpin Ramadhian.

Mereka adalah mahasiswa semester II angkatan 2018/2019. Dengan dosen pembimbing, Nur Rahmat Ardi Candra D. A., mereka berhasil meraih dana hibah dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi 2019.

Dana untuk pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat(PKM-M) lewat program Pendapa Wetan (Pemberdayaan Pemuda Penguat Promosi Desa Wisata Trangsan) Melalui Video Kreatif.

Ketua Tim Pelaksana PKM-M bidang Pengabdian Masyarakat, Daniel Andhika Morgana, menuturkan pelatihan menyasar pemuda remaja karang taruna Susilo Bhakti. “Video kreatif bisa menarik wisatawan, tidak hanya di daerah, namun juga seluruh Indonesia dan bahkan mancanegara. Tujuannya meningkatkan kunjungan ke Desa Wisata Rotan Trangsan,” jelas dia.

Pelatihan sekaligus menjadi bekal untuk membangun bisnis bagi pemuda Karang Taruna Susilo Bhakti. Dengan menekuni video kreatif, mereka juga bisa membuka jasa pembuatan video kreatif, editing, wedding, cinematic, short movie, video shoting, dan lain-lain.

Dosen pembimbing Nur Rahmat Ardi Candra D.A., mengatakan pelatihan digelar mulai 27 April lalu. Ada 10-an peserta dari pemuda setempat yang mengikuti pelatihan. Workshop kedua dilanjutkan dengan materi produksi video kreatif pada 11-12 Mei 2019. Terakhir, tim PKM memberikan materi workshop tentang pascaproduksi video kreatif pada Sabtu (15/6/2019).

“Pelatihan ini untuk mengajarkan pemuda remaja di desa tersebut tentang bagaimana mempromosikan Desa Wisata Rotan Trangsan melalui video kreatif. Video ini kemudian bisa diunggah ke media sosial, baik itu Instagram maupun Youtube supaya Desa Wisata Rotan Trangsan bisa makin dikenal masyarakat luas,” katanya.

Program Pendapa Wetan diharapkan juga bisa lolos dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2019 yang akan diadakan di Universitas Udayana Bali pada Agustus 2019.


Artikel yang berjudul “Mahasiswa ISI Solo Latih Pemuda di Trangsan Sukoharjo Bikin Film Desa Wisata” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments