Breaking News

Pantai Slopeng Manjakan Wisatawan dengan Kuliner Khas Sumenep Secara Gratis

Sumenep sigap88- Wilayah kabupaten Sumenep yang berada di ujung timur pulau Madura mempunyai banyak Destinasi yang bisa membangkitkan minat wisatawan domistik dan manca Negara mendatangi kabupaten Sumenep yang berjuluk Sumekar.

Seperti destinasi yang sudah menjadi icon kabupaten Sumenep Pantai Slopeng dan Pantai Lombang yang keduanya memiliki segurat kecantikan alam yang tersembunyi di bumi Sumenep.

Pantai Slopeng mempunyai daya tarik sendiri dengan kecantikan alami yang di timbulkan oleh alam seperti indahnya pantai dan lambaian pohon nyior terkena hembusan angin pantai menambah minat para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu libur saat lebaran ketupatan 2019.

Gundukan pasir putih mampu memberikan daya tarik lebih kepada wisatawan, ditambah dengan beningnya air laut yang memikat para wisatawan bermanja main air laut.

Bahkan Pantai Slopeng yang terletak di kecamatan Dasuk, memiliki ciri khas yang berbeda dan tentunya juga tidak dimiliki oleh pantai lain, yaitu adanya banyak pohon siwalan di sekitar pantai , pohon kelapa dan juga pohon cemara udang, dan sejumlah fasilitas lain yang bisa dinikmati wisatawan.

Sehingga, pemerintah daerah kabupaten Sumenep dalam momen Lebaran Ketupat 2019 ini menggelar sejumlah even, yang salah satunya Pesta Rakyat dan Festival Ketupatan.

Tujuan diadakan even Festival Ketupat, adalah untuk memberikan suguhan bermacam aneka kuliner tradisonal secara gratis kepada para wisatawan, untuk lebih mengenal kembali macam macam kuliner khas kabupaten yang berjuluk Sumekar.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep Carto menyampaikan, pagelaran ini merupakan rentetan kalender Visit 2019.

“Even ini mengangkat tradisi lokal. Sehingga adanya event tersebut nantinya benar-benar dinikmati oleh masyarakat, sehingga masyarakat Sumenep harus mempertahankan tradisi lokal Sumenep untuk dijadikan simbul kearifan budaya Sumenep,” kata Carto.

Menurut Carto, memanfaatkan masyarakat sekitar wisata Slopeng untuk menyediakan kuliner tradisional yang langsung wisatawan mendapat suguhan makanan gratis saat berkunjung ke pantai Slopeng. “Kita berdayakan masyarakat penjual soto, rujak, campor untuk diberi uang sama kita untuk digratiskan (pada pengunjung),” ungkapnya.

Hal itu pula.menurut Carto, lebih efisien dari sisi anggaran dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi kerakyatan. “Jadi, punya (ada anggaran) Rp 10 juta pun jadi, kalau harga (rujak, soto, campur) Rp 7 ribuan, kan dapat berapa puluh ribu (porsi), kita berdayakan masyarakat disana,” tegasnya.

“Gelar even ini di letakkan di Pantai Slopeng karena, Pantai Slopeng dianggap lebih strategis karena lebih dekat dengan pemukiman warga,” pungkas Carto. (Ain)


Artikel yang berjudul “Pantai Slopeng Manjakan Wisatawan dengan Kuliner Khas Sumenep Secara Gratis” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments