Breaking News

Parade Layang-layang 3D Hiasi Festival Batik On The Sea 2019 di Pantai Salopeng

Sumenep | Politiko News – Kalender Visit Sumenep 2019 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa timur, akan menggelar Festival Batik On The Sea 2019.

Kabupaten Sumenep yang banyak mempunyai pengrajin batik tulis, karyanya akan dipentaskan dalam ajang Festival Batik On The Sea 2019 yang akan diselenggarakan pada 27 Juli 2019 di salah satu tempat wisata tertua di Kabupaten Sumenep yaitu Pantai Salopeng.

Wisata Pantai Salopeng akan dipenuhi dengan karya karya batik tulis dari semua pengrajin batik se Kabupaten Sumenep, yang nantinya masyarakat juga dihibur dengan parade layang layang unik, yang merupakan layang layang tiga dimensi (3D) yang terbuat dari batik khas Sumenep.

Sementara Ketua Pelaksana Kegiatan Batik On The Sea 2019, Sigit Tri Atmoko mengatakan selama ini layangan dikenal sebagai mainan yang syarat dengan kebudayaan bahkan layang-layang sendiri bisa di asimilasikan dengan budaya yang ada di daerah tersebut.

“Dalam sebuah daerah parade layang layang di identik dengan sebuah event kebudayaan atau ritual tertentu dalam sebuah daerah,” kata Sigit

Sedangkan parade layang layang yang akan diselenggarakan nanti dalam agenda Visit Sumenep 2019 akan menyajikan, layang layang dengan berbagai corak dan ragamnya baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. “Parade layang layang batik merupakan sebuah kegiatan yang menggabungkan antara keindahan seni layang layang dan tradisi batik,” jelasnya.

Perpaduan antara Pantai Salopeng sebagai objek atau tempat yang akan terselenggaranya Batik On The Sea dan parade layang layang adalah 3 komponen yang berupakan ciri khas wisata Sumenep yang dipadu dengan indahnya guratan tangan diatas kain yang akhirnya terbentuk sebuah batik khas Sumenep dan dengan parade layang layang akan menumbuhkan lagi sebuah permainan tradisional yang dikemas dalam bentuk 2 dimensi dan 3 dimensi.

“Perpaduan 3 potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Sumenep akan dijadikan satu komponen dalam mengenalkan lebih jauh tempat wisata, batik dan permainan tradisional yang sangat potensi dalam mengenalkan lebih jauh Kabupaten Sumenep kepada khalayak ramai di luar Kabupaten Sumenep”, ungkap Sigit.

Bahkan tujuan dalam rangkaian kegiatan ini merupakan upaya untuk lebih mengenalkan kembali destinasi wisata dan memelihara budaya batik juga memelihara permainan tradisional sebagai alat pemersatu di era milenial.

Parade layang layang merupakan suatu pembuka pelaksanaan kegiatan festival Batik On The Sea 2019

Sedangkan, peserta layang layang adalah semua komunitas layang layang yang berasal dari madura. “Layang-layang yang ditampilkan jenis layangan dua dimensi atau tiga dimensi dengan batik sebagai bahan dasar utama. dan Setiap komunitas wajib menjaga keselamatan saat melepas layang-layangnya.

“1 group yang terdiri dari 4 anggota penarik layang layang yang di lepas di tepi pantai Salopeng harus sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan oleh panitia,” pungkas Sigit.

Sesuai rencana Festival Batik On The Sea dan Parade Layang layang akan dihadiri langsung oleh Bupati Sumenep A. Busyro Karim, Kepala Disbudparpora Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Pariwisata atau dinas Budparpora se Jawa Timur, Pengusaha se Indonesia, Pengraiin Batik Se-Jawa Timur, Pengusaha Batik Se- Jawa Timur, Perancang Busana Se- Jawa Timur, Pecinta Fashion Se- Jawa Timur, Fotografi Se-Jawa Timur, Pecinta Layang Layang Se- Jawa Timur.bahkan semua OPD Kabupaten Sumenep. (Koes)


Artikel yang berjudul “Parade Layang-layang 3D Hiasi Festival Batik On The Sea 2019 di Pantai Salopeng” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments