Breaking News

Ustaz Salim A. Fillah Tekankan Peran Keluarga Sebagai Benteng Anak

Politiko News, SUKOHARJO – Menjaga keharmonisan dalam keluarga adalah hal yang sangat penting. Sebab, keluarga merupakan benteng terkuat bagi anak-anak untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Itulah salah satu inti dari ceramah Ustaz Salim A. Fillah dalam seminar parenting yang digelar SDIT Nur Hidayah, Minggu (28/7/2019).

Ustaz Salim A. Fillah mengatakan, anak-anak yang tumbuh di dalam keluarga penuh cinta dan perhatian bakal terjaga dari pengaruh negatif. “Anak-anak yang tumbuh di dalam keluarga yang penuh cinta, perhatian, dan saling mendukung, insyaallah akan terjaga dari pengaruh negatif pergaulan, media sosial, termasuk tantangan teknologi di masa mendatang,” paparnya pada seminar yang digelar di Hotel D’Wangsa, Lorin, Gonilan, Kartasura, Sukoharjo.

Meski demikian, Ustaz Salim A. Fillah mengakui orang tua perlu diberi motivasi agar tidak malu menunjukkan perhatian pada anggota keluarga. Mulai dari memberikan pujian pada hal-hal kecil hingga hadiah.

Hal semacam itu dinilai bisa menjadi penguat ikatan keluarga. Menurutnya, kemajuan teknologi di satu sisi bisa mendekatkan yang jauh. Namun, di sisi lain bisa menjauhkan yang dekat.

“Ketika semua sibuk dengan gadget atau handphone masing-masing, ini tantangan tersendiri,” sambung Ustaz Salim A. Fillah.

Itulah sebabnya Ustaz Salim A. Fillah mengimbau orang tua menguatkan ikatan keluarga dengan ungkapan cinta. Serta memberikan waktu berkualitas untuk anggota keluarga, terutama anak-anak. Orang tua juga diharapkan mampu mengatur atau membatasi akses anak-anak terhadap gadget.

“Mungkin bisa dilakukan diet gadget secara disiplin. Anak-anak yang memegang gadget dijadwal. Dengan demikian, ada dosis maksimal kebebasan anak berhubungan dengan media sosial setiap harinya,” terang Ustaz Salim A. Fillah.

Orang tua juga dianjurkan mendampingi anak-anak ketika mengerjakan tugas sekolah, bermain, hingga menonton sesuatu bersama dan sebagainya. Seminar parenting dengan tema Membangun Harmoni Keluarga yang Dirindukan Surga ini digelar pihak SDIT Nur Hidayah dengan tujuan memberi pemahaman kepada orang tua. Sekaligus menjalin sinergi antara pihak sekolah dengan orang tua murid.

Kepala SDIT Nur Hidayah Solo, Waskito, mengatakan, seminar parenting ini merupakan agenda tahunan rutin. Kali ini, acara tersebut diikuti siswa kelas I hingga VI yang berjumlah sekitar 782 orang beserta wali murid dengan jumlah kurang lebih 600-an orang. Acara ini terlaksana dengan meriah berkat kerja kerasa panitia yang merupakan anggota komite sekolah. 


Artikel yang berjudul “Ustaz Salim A. Fillah Tekankan Peran Keluarga Sebagai Benteng Anak” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments