Breaking News

Acara Petik Laut Akan Digelar Selama 2 Hari di Desa Pulokerto

Pasuruan | Politiko News – Selametan adalah sebuah tradisi ritual yang dilakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia, sebagai bentuk syukur atas nikmat yang diberikan oleh yang maha kuasa.

Seperti yang akan dilakukan oleh masyarakat desa Pulokerto, kecamatan kraton kabupaten pasuruan, yang akan melaksanakan sebuah acara petik laut yang merupakan tradisi masyarakat pesisir dengan melakukan ritual ditengah laut.

Dijelaskan oleh kepala desa Pulokerto, Ainul Yaqin, bahwa acara petik laut yang akan digelar pada tanggal 3 – 4 Agustus 2019 ini sudah merupakan tradisi di desa Pulokerto tiap tahunnya

“Acara petik laut akan dilaksanakan selama dua hari berturut turut, yakni pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 3 – 4 Agustus 2019,” Kata Ainul Yaqin.

Petik laut ini adalah selamatan yang dilakukan warga pesisir Pulokerto, sebagai bentuk syukur kepada sang pencipta atas segala nikmat karunia serta keselamatan yang telah diberikan oleh ALLAH S.W.T, “Ini sebagai bentuk rasa syukur dari warga atas segala nikmat dan karunia serta keselamatan yang diberikan oleh ALLAH S.W.T,” Ungkapnya.

Dalam acara ini, nantinya akan diikuti seluruh warga Pulokerto, Muspika setempat, warga desa tetangga serta kerabat untuk mengikuti berbagai acara serta ritual yang sudah di konsep oleh seluruh perangkat desa dan warga selaku panitia.

Sementara itu, Ainul Yaqin juga mengatakan, “banyak ritual – ritual yang dilakukan dalam acara petik laut ini, salah satunya dengan membawa nasi tumpeng ke tengah lautan dengan irimg – iringan perahu,” Katanya.

Pada sabtu malam, akan digear acara pengajian akbar yang dipusatkan di area TPI desa Pulokerto untuk memambah nuansa religi, dan pada mnggu pagi dilanjutkan dengan hadirnya pelawak kondang, yakni Cak Sukur Cs sebagai penghibur. (Pur/Gun)


Artikel yang berjudul “Acara Petik Laut Akan Digelar Selama 2 Hari di Desa Pulokerto” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments