Breaking News

Kades Ketawang Larangan: Dengan Karnival Kita Bangun Persatuan Dalam Keragaman

Sumenep | Politiko News- Kegiatan Karnival yang di selenggarakan oleh Kecamatan Ganding Kabupaten Sumeneo, Madura, Jawa timur dalam rangka menyambut HUT RI ke-74 di ikuti oleh 14 desa sekecamatan Ganding dan segenap instansi dan BUMD juga kebanyakan di ikuti oleh sektor pendidikan.

Semua masyarakat kecamatan Ganding seakan tumplek di area jalur tersekenggaranya Karnival di jantung kota Ganding yang terlaksana pada hari Sabtu 24 Agustus 2019.

Salah satu peserta Karnival dari desa Ketawang larangan menampilkan 14 Kuda Jantan yang ditunggangi oleh semua perangkat desa yang di ikuti pula oleh beberapa warganya dengan berpakaian adat menunjukkan keaneka ragaman adat dan budaya namun tetap satu dalam kesatuan NKRI.

Kepala desa Seini dalam komentarnya mengatakan, ini adalah bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang dalam memerdekakan Bangsa Indonesia.

“Kami sebagai penerus bangsa wajib menghormati perjuangan para pendahulu dalam mennegakkan kedaulatan Bangsa Indonesia,,” kata Seini.

Bahkan Seini mengungkapkan kami mengendarai kuda ini adalah merupakan simbul Kabupaten Sumenep dengan Kuda terbang.

“Simbul Kabupaten Sumenep adalah Kuda Terbang, yang mana sejak Jaman Kerajaan Sumenep dalam mempertahankan kedaulatan kerajaan para punggawa terdahulu memakai kuda dalam pertempurannya,” ungkapnya.

Simbul Kuda merupakan kekuatan, dan kami wajib melestarikan hal ini dengan mewariskan kepada generasi muda agar selalu mempunyai semangat dan kekuatan dalam menjaga juga mengisi kemerdekaan.

Selain itu menurut Seini keragaman dalam adat dan budaya sebagai pendorong kesatuan dan persatuan bangsa. “Dengan semangat Proklamasi 17 Agustus 1945 kita dukung pengembangan Sumberdaya Manusia, yang cerdas, Inovativ dan berahklakul Karimah menuju Indonesia Maju,” tegas Kades dya periode ini

Dalam ungkapan Seini, sumber dana untuk kegiatan Karnival ini dari Anggaran Dana Desa (ADD) sebesar Rp 12.000.000, ditambah dengan swadaya para perangkat desa. “Hal ini demi memeriahkan HUT RI ke-74,” pungkasnya. (Min)


Artikel yang berjudul “Kades Ketawang Larangan: Dengan Karnival Kita Bangun Persatuan Dalam Keragaman” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments