Breaking News

Warga Desa Aeng Panas Gelar Audiensi Dengan Komisi 1 DPRD Sumenep

Sumenep | Politiko News – Masyarakat Desa Aeng Panas Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur, Menilai Perbup Pilkades Pesanan Politik Semata.

Salah satu tokoh masyarakat Fatorrohman menjelaskan produk hukum yang diterbitkan dalam bentuk Perbup Pilkades ada intervesi politik yang terang benderang yaitu sengaja menjatuhkan calon yang baru dan menetapkan calon kades yang lama.

Interpretasi politik masyarakat terkait peraturan bupati Nomor 27 Tahun 2019.

Tentang petunjuk teknis peraturan daerah kabupaten Sumenep Nomor 8 Tahun 2014, terkait pencalonan,pemilihan, pengankatan, pelantikan dan pemeberhentian kepala desa, menuai kritikan tajam dikalangan masyarakat.

Salah satunya yang disoal adalah nilai poin yaitu pengalaman birokrasi, umur dan pendidikan stara Serjana.

Maka seharusnya semikin tua semakin tinggi ini semakin melorot, aturan yang irasional dalam produk hukum.

Kalau aturan politik makin sangat relevan dengan kondisi hari ini sebentar lagi menghadapi pemilhan Bupati kabupaten Sumenep.

Perbup pilkades sangat mencederai rasa keadilan dan demokrasi rakyat.

Produk hukum yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah kabupaten Sumenep hanya menguntungkan kolega politiknya.

“Perbup Pilkades tersebut Nol kecil yang ada nilai kepentingan masyarakat luas, ini yang masih sulit dihilangkan dalam regulasi pemerintah Kabupaten Sumenep,” ucap rohman.

Masyarakat terus akan melawan produk hukum yang tidak keberpihakan pada rakyat.

Sementara ketua komisi I DPRD Kabupaten Sumenep Hamid Alimunir menyampaikan sebenarnya Perbup tidak ada persoalan, tapi yang sulit dijawab secara komprehensip adalah permintaan masyarakat soal skoring nilai, pengalaman, umur, pendidikan dan angka-angka itu perlu pengkajian ulang kemabli.

“Sedangkan skoring nilai dijadikan instrumen politik untuk merobohkan lawan-lawan politiknya, ucapnya.

Kehadiran peraturan bupati (Perbup Pilkades) itu sendiri menciptakan kenyamanan, dan keamanan bagi masyarakat setempat.

“Komisi 1 DPRD merekap hasil rapat koordinasi dengan masyarakat untuk direkomendasikan kepada Pemerintah Kabapaten Sumenep,” imbunya. (Red)


Artikel yang berjudul “Warga Desa Aeng Panas Gelar Audiensi Dengan Komisi 1 DPRD Sumenep” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments